Sabtu, 27 Oktober 2012

Modifikasi program 2 IF & CASE serta games puzzle sederhana




1.      1.  Modifikasi Program Latihan 2 IF Dan Case
kali ini ane akan mencoba memodifikasi program latihan 2 IF Dan Case yang sebelumnya   menjadi :
a.    1.   Saat form dijalankan : semua isian tidak aktif, tombol isi data dan tutup aktif, tombol clear tidak aktif.


          2. Saat ditekan isi data : kodebarang, jumlah barang, cara beli, tombol clear aktif, tombol isi data tidak aktif.




           3. Saat ditekan tombol clear sama dengan saat form dijalankan.


 


Langkah – langkah membuat program tersebut diatas adalah sebagai berikut :
    A.      Buka aplikasi Visual Basic lalu new project – windows – windows forms aplication.
    B.      Buat tampilan form seperti ini :





    

  C.      Masukan coding berikut ini :










  
      D.     Jika coding sudah dibuat, dan modifikasi telah selesai,  program bisa langsung di running.
 



   2.  Membuat game puzzle sederhana

membuat puzzle sederhana dengan menyusun angka 1 sampai 8 untuk 9 kotak dengan urut,lebih dari cukup untuk membuat puyeng,beberapa tipe data yang di masukan antaralain sebagai berikut,
 

-    Smt digunakan untuk teks pada tombol anggka yang di gunakan untuk mengacak tombol.
-    b,dan s digunakan untuk melambangkan true dan false pada visibe,contohnya
 

-    control untuk mengontrol semua yang ada pada form windows,kontrol.enable=bila false maka semua isi dalam forms tidak akan aktif,jika true maka aktif.

  ane akan buat program pada saat di jalankan yang aktif hanyalah tombol mulai dan keluar,dan tombol menyerah tidak aktif.tombol menyerah aktif pada saat program di jalankan, apabila tidak dapat menylesaikanya tinggal tekan tombol menyerah,dan akan keluar dialog untuk menyerah dan keluar,jika kita tekan tombol mulai maka angka yang tersusun akan teracak, bisa dilihat pada screenshot dibawah ini :




Setelah kita dapat menyelesaikan puzzlenya maka akan akan tampil jendela baru yang menuliskan Selamat Anda berhasil.setelah menekan pilihan oke jendela tersebut juga akan tampil jendela baru dengan tampilan dialog ingin coba kembali atau tidak,jika mencobanya kembali maka program akan mengulanginya dan program akan berjalan seperti pertama pada saat program di jalankan.
  








Tombol menyerah digunakan apa bila ingin keluar tapi kita tidak dapat menyelesaikan puzzle yang kita susun.
Adapun listing programnya sebagai berikut,











Teks yang terpotong di logikakan sendiri saja.tombol 9 diubah visible nya menjadi false,agar tidak kelihatan saat program dijalankan.

Button13 adalah mulai
Button14 adalah keluar
Button10 adalah menyerah

Lihat pada Private sub Button1_Click,untuk  tombol 1 kita bisa melogikakannya kita memanfaatkan tipe data boolean b,dan s untuk melogikakan nya b untuk true dan s untuk false,lihat saja pada private sub 

Button1_Click,IF tombol 2 visiblenya adalah false Then tombol 2 adalah true, tombol 1 adalah false, mari jadikan tombol  1 = tombol 2,yaitu untuk memindahkan secara silang visible dan teks yg ada pada tombol 2 ke tombol 1 dan tombol 1 ke tombol 2.Namun jika tombol 4 visiblenya dalam keadaan false,than tombol 4 visiblenya adalah true,tombol 1 adalah false, mari jadikan tombol 4 = tombol 1 untuk memindahkan visible dan teks tombol 4 ke tombol 1,dan tombol 1 ke tombol 4,karena aturan puzzle yang ada hanya bisa memindah angka yang horizontal dan vartikal,sedangkan pada tombol 1 yang horizontal hanyalah tombol 2 dan tombol 4,

Untuk tombol yang lain silahkan mainkan logikamu sendiri.
Mungkin masih banyak kekurangan yang ada diprogram ini,mohon di maklumi,
Apabila ada salah kata,pengetikan,mohon maaf yang sebesar-besarnya, sekian dan terima kasih

 






0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Ozenk17@studios. Diberdayakan oleh Blogger.