1. 1. Modifikasi Program Latihan 2 IF Dan
Case
kali ini ane akan
mencoba memodifikasi program latihan 2 IF Dan Case yang sebelumnya
menjadi :
a. 1. Saat form dijalankan : semua isian
tidak aktif, tombol isi data dan tutup aktif, tombol clear tidak aktif.
2. Saat ditekan isi data : kodebarang,
jumlah barang, cara beli, tombol clear aktif, tombol isi data tidak aktif.
3. Saat ditekan
tombol clear sama dengan saat form dijalankan.
Langkah –
langkah membuat program tersebut diatas adalah sebagai berikut :
A. Buka aplikasi Visual Basic lalu new
project – windows – windows forms aplication.
B. Buat tampilan form seperti ini :
C. Masukan coding berikut ini :

D. Jika coding sudah dibuat, dan modifikasi
telah selesai, program bisa langsung di running.
2. Membuat game puzzle sederhana
membuat puzzle sederhana dengan menyusun angka 1 sampai 8 untuk 9 kotak dengan urut,lebih dari cukup untuk membuat puyeng,beberapa tipe data yang di masukan antaralain sebagai berikut,
- Smt digunakan untuk teks pada tombol anggka yang di gunakan untuk mengacak tombol.
- b,dan s digunakan untuk melambangkan true dan false pada visibe,contohnya
- control untuk mengontrol semua yang ada pada form windows,kontrol.enable=bila false maka semua isi dalam forms tidak akan aktif,jika true maka aktif.
ane akan buat program pada saat di jalankan yang aktif hanyalah tombol mulai dan keluar,dan tombol menyerah tidak aktif.tombol menyerah aktif pada saat program di jalankan, apabila tidak dapat menylesaikanya tinggal tekan tombol menyerah,dan akan keluar dialog untuk menyerah dan keluar,jika kita tekan tombol mulai maka angka yang tersusun akan teracak, bisa dilihat pada screenshot dibawah ini :
Setelah kita
dapat menyelesaikan puzzlenya maka akan akan tampil jendela baru yang
menuliskan Selamat Anda berhasil.setelah menekan pilihan oke jendela tersebut juga akan
tampil jendela baru dengan tampilan dialog ingin coba kembali atau tidak,jika
mencobanya kembali maka program akan mengulanginya dan program akan berjalan
seperti pertama pada saat program di jalankan.
Tombol
menyerah digunakan apa bila ingin keluar tapi kita tidak dapat menyelesaikan
puzzle yang kita susun.
Adapun listing programnya sebagai berikut,
Adapun listing programnya sebagai berikut,
Teks yang
terpotong di logikakan sendiri saja.tombol 9 diubah visible nya menjadi
false,agar tidak kelihatan saat program dijalankan.
Button13 adalah mulai
Button14 adalah keluar
Button10 adalah menyerah
Lihat pada Private sub Button1_Click,untuk tombol 1 kita bisa melogikakannya kita memanfaatkan tipe data boolean b,dan s untuk melogikakan nya b untuk true dan s untuk false,lihat saja pada private sub
Button1_Click,IF
tombol 2 visiblenya adalah false Then tombol 2 adalah true, tombol 1 adalah
false, mari jadikan tombol 1 = tombol 2,yaitu untuk memindahkan secara
silang visible dan teks yg ada pada tombol 2 ke tombol 1 dan tombol 1 ke tombol
2.Namun jika tombol 4 visiblenya dalam keadaan false,than tombol 4 visiblenya
adalah true,tombol 1 adalah false, mari jadikan tombol 4 = tombol 1 untuk
memindahkan visible dan teks tombol 4 ke tombol 1,dan tombol 1 ke tombol
4,karena aturan puzzle yang ada hanya bisa memindah angka yang horizontal dan
vartikal,sedangkan pada tombol 1 yang horizontal hanyalah tombol 2 dan tombol 4,
Untuk tombol yang lain silahkan mainkan logikamu sendiri.
Mungkin masih banyak kekurangan yang ada diprogram ini,mohon di maklumi,
Apabila ada salah kata,pengetikan,mohon maaf yang sebesar-besarnya, sekian dan terima kasih
0 komentar:
Posting Komentar